Rabu, 12 Oktober 2016

Lembaga keuangan bank

TUGAS EKONOMI MONETER
TEMA (Lembaga Keuangan/BANK)


OLEH
Hendri Angga Setiwan
2013-50-062


JURUSAN EKONOMI PEMBANGUNAN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS PAPUA


Manokwari
2015
BAB I
PERAN BANK DI ERA OTSUS PAPUA

Dari BANK BRI
1.      BRI Peduli
Pada Hari Ulang Tahun(HUT) Polri ke-67 lalu, Kepolisian Daerah Papua menerima 3 Mobil Suzuki APV dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui program BRI Peduli. Pimpinan BRI Wilayah Papua, Priyastomo kepada wartawan saat di sela-sela syukuran HUT ke-67 Bhayangkara di Sasana Krida Kantor Gubernur Papua, mengatakan, BRI Peduli memberikan bantuan 3 unit Mobil APV kepada Polda Papua dengan tujuan membantu Polri khususnya Polda Papua dalam operasional. Mobil yang diserahkan itu merupakan mobil penyuluhan yang bisa dipakai membantu kerja Polisi di Kota Jayapura maupun di daerah terpencil. Priyastomo menerangkan, jumlah mobil yang diserahkan itu, 2 diberikan kepada jajaran Polda Papua sedangkan 1 unit diberikan kepada Polres Manokwari yang langsung diterima oleh Kapolda Papua, Irjen (Pol) Drs. M. Tito Karnavian, MA.Ph.D.Menurut Priyastomo, mobil itu diberikan membantu tugas Polri sebagai pelayan dan pengayom masyarakat dalam melaksanakantugas sehari-hari sehingga didesain berbentuk penyuluhan, yang didalamnya dilengkapi persisi seperti mobil penyuluhan secara umum. “Contohnya ada genset, toa,tempat duduk khusus dan lain-lain,” katanya. Harapannya, dengan bantuan yang diberikan Bank BRI Peduli itu, Polda Papua semakin lebih baik lagi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Papua seiring semakin besarnya tantangan yang dihadapi Polri pada masa sekarang ini. Pada saat itu, bertepatan dengan HUT Polri ke-67 bantauan yang diberikan BRI Peduli semoga bisa bermanfaat dan digunakan dengan sebaik-baiknya dalam menunjang kinerja Polri di Provinsi Papua dan Papua Barat.


2.      Dana KUR
Hingga akhir tahun kami menargetkan bisa mengucurkan dana KUR hingga mencapai Rp386 miliar di wilayah Papua dan Papua Barat. Khusus di Kabupaten Mimika, kita memproyeksikan dapat mengucurkan dana KUR hingga Rp11 miliar," jelas Hutabarat.Timika (Antara Papua) - Bank Rakyat Indonesia menyediakan dana hingga Rp11 miliar untuk menunjang program Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi para pengusaha mikro di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.Pemimpin Wilayah BRI Jayapura Presley Hutabarat di Timika, Senin, mengatakan sejak 18 Agustus lalu BRI telah meluncurkan program KUR di seluruh Indonesia dan dana yang disediakan untuk menunjang itu mencapai Rp17 triliun.Para pengusaha mikro, katanya, dapat memanfaatkan program KUR yang berbungasangat rendah dengan maksimum plafon kredit yang dikucurkan sebesar Rp25 juta.Menurut dia, di wilayah Papua dan Papua Barat nasabah KUR sudah mencapai lebih dari 1.000 orang."Hingga akhir tahun kami menargetkan bisa mengucurkan dana KUR hingga mencapai Rp386 miliar di wilayah Papua dan Papua Barat.
Dari BANK Mandiri
1.      PNPM Mandiri RESPEK
Mengenai Laporan PNPM RESPEK Studi ini dilakukan untuk mengevaluasi pelaksanaan Program PNPM Mandiri RESPEKdi Propinsi Papua dan Papua Barat. Program ini merupakan bagian dari PNPM Mandiri Perdesaan, program pembangunan berbasis pemberdayaan masyarakat (Community Driven Development,CDD) terbesar di Indonesia. PNPM RESPEK telah menjangkau 87 persen kampung (4000 kampung) di Papua dan Papua Barat. Dalam program yang dimulai tahun 2008 ini, dana otsus sebesar Rp 100 juta diberikan langsung ke tingkat kampung melalui fasilitasi pendamping/fasilitator distrik dan kampung (PD danPK). Dana ini dapat digunakan untuk 5 prioritas program, termasuk salah satunya infrastuktur pedesaan. Dari 5 prioritas program tersebut,70 persen dana digunakan untuk infrastruktur pedesaan. Studi ini dilakukan dengan memperhatikan masukan dari studi-studi lain tentang Papua dan Papua Barat, termasuk di antaranya sebuah studi cepat yang dilakukan sebagai bagian dari inisiatif Gubernur Propinsi Papua dengan Bank Dunia dan PBB untuk melakukan Kajian Kebutuhan Percepatan Pembangunan Papua (Papua Accelerated Development Needs Assessment รข€“ PADNA) yang memberikan indikasi potensi pelaksanaan PNPM RESPEK (terutama kualitas infrastruktur) sekaligus tantangan-tantangan yang dihadapi terkait kekhususan konteks di Papua dan Papua Barat.
2.      Program CPKP
Sebagai perwujudan affirmasi bagi Papua, PT Bank Mandiri(Persero) Tbk Regional Office XII Jayapura punya program khusus Calon Pimpinan Khusus Papua (CPKP). Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan putra/putri asli Papua menjadi pegawai pimpinan di Bank Mandiri.“Kami melihat banyak sumber daya Manusia (SDM) Asli Papua yang memiliki potensi menjadi pegawai pimpinan. Bank Mandiri mengadakan program tersebut untuk lebih mempersiapkan putra/putri asli Papua Bank Mandiri masa depan,” kata Head Business Support PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Regional Office XII Jayapura, Ibnu Dahlan, kepada Jubi, Kamis (10/9/2015).Ia mencontohkan lulusan program CPKP angkatan pertama, salah satunya Robert Fonataba, telah berhasil menjadi Kepala Cabang Bank Mandiri Merauke. Ada lagi yang menjadi pimpinan Unit di Bank Mandiri di Sorong, Timika, Bintuni, dan Kaimana.Untuk tahun ini, Dahlan menegaskan, Bank Mandiri akan kembali merekrut putra/putri asli Papua untuk mengikuti ke program CPKP tahun 2015. Pihaknya kembali tidak membatasi jumlah pendaftar yang ingin masuk dalam program CPKP tersebut.“Kuotanya tidak terbatas. Kami tidak membatasi berapapun jumlahnya asal memenuhi persyaratan yang kita tetapkan,” katanya.Selain CPKP, Dahlan menambahkan, Bank Mandiri memberikan juga kesempatan kepada putra/putri asli Papua yang ingin menjadi pegawai di Bank Mandiri untuk posisi Teller, Customer Service, dan posisi lainnya.Regional Human Capital PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Regional Office XII Jayapura, Ruth Suzyrita Rawung,mengutarakan angkatan pertama program CPKP dimulai tahun 2001, diikuti sembilan peserta.Seiring perkembangannya, kriteria peserta ini diperluas lagi sehingga putra/putri asli atau yang sejak lahirsampai dengan kuliah berdomisili di Papua dan Papua Barat, memiliki kesempatan mengikuti progam ini.“Ini sudah tahun ketiga kami lakukan perekrutan calon pimpinan khusus Papua,”.

BAB II
JASA-JASA YANG DI TAWARKAN OLEH BANK BRI
1.      ATM BRI
Manfaatkan layanan ATM BRI sebagai One Stop Services setiap saat dengan mendatangi gerai ATM BRI, 24 jam sehari 7 hari seminggu, dan 365 hari dalam setahun.
Selain dapat digunakan oleh nasabah pemilik rekening BRI yang memiliki kartu ATM. ATM BRI juga dapat melayani kartu ATM bank lain yang berlogo Link, Prima, ATM Bersama, Bankcard, dan Mastercard.
Fasilitas
  • Registrasi E-banking
  • Info saldo.
  • Penarikan Tunai maksimal dalam 1 hari
    • Pemegang BRI Card Classic : Rp 5 Juta
    • Pemegang BRI Card Gold : Rp 10 Juta
    • Pemegang Card Platinum : Rp 10 Juta
  • Ganti PIN
  • Transfer Antar Rekening
    • Antar rekening BRI dengan maksimal transaksi dalam 1 hari.
    • Antar Rekening BRI.
    • Kartu Classic : Rp.20.000.000
    • Kartu Gold : Rp.50.000.000
    • Kartu Platinum : Rp.75.000.000
     2. Antar rekening bank anggota ATM Bersama.
·         Untuk seluruh jenis BRI Card (Classic, Gold dan Platinum) maksimal transaksi dalam 1 hari Rp.10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) dengan sekali transaksi Rp.5.000.000,-(lima juta rupiah).
·         Frekuensi transaksi dalam satu hari tidak dibatasi selama limit transaksi tidak melampaui.
      3. Antar rekening di Jaringan ATM PRIMA.
·         Untuk seluruh jenis BRI Card (Classic, Gold dan Platinum) maksimal transaksi dalam 1 hari Rp.10.000.000,- (sepuluh juta rupiah).
·         Frekuensi transaksi dalam satu hari tidak dibatasi selama limit transaksi tidak melampaui.
  • Pembayaran Tagihan
    • Kartu Kredit BRI
    • Kartu Kredit dan KTA RBS
    • Kartu Kredit dan Personal Loan HSBC
    • Kartu Kredit ANZ
    • Kartu Kredit dan KTA SCB
    • Personal Loan
    • Ready Cash dan Eazy Pay Citibank
    • Citifinansial
    • FIF, BAF, SOF
    • Finansia, Verena
    • PLN
    • Telkom
    • Kartu Halo
    • Matrix
    • Flexi
    • Speedy
    • Indovision/Top TV/Oke Vision.
  • Pembayaran Universitas
    • SPP Unpad (Universitas Padjajaran)
    • SPP Unej (Universitas Jember)
    • SPP UM (Universitas Malang)
    • SPP dan Pembelian Paket UT
  • Pembayaran SIM dan STNK
  • Pembayaran Zakat dan Infaq
  • Pembayaran Tiket Pesawat dan Kereta Api
    • Garuda
    • Sriwijaya Air
    • Lion
  • Pembelian Pulsa
    • Simpati
    • AS
    • IM3
    • Mentari,
    • XL
    • StarOne
    • Flexi
    • Esia
    • Mobile8
    • Smart
    • Fren
    • Axis
2.      SMS Banking BRI
Layanan perbankan kini hadir didalam handphone kita, dengan mengirimkan pesan transaksi yang kita inginkan berupa SMS ke 3300 atau dengan menu melalui aplikasi. Maka transaksi dapat di lakukan dalam genggaman tangan.
Keunggulan
Apapun jenis dan tipe handphone kita dan dengan provider kepercayaan kita,sms banking BRI akan melayani kebutuhan transaksi perbankan yang kita lakukan. BRI memberikan 2 jenis layanan.
  • Berbasis menu, yaitu layanan SMS Banking yang menggunakan menu sebagai perintah transaksinya.
  • Plain text, yaitu layanan SMS Banking dengan mengirimkan perintah transaksi yang akan dilakukan ke nomor 3300.
Any time, any where, any device layanan sms banking BRI dapat kita nikmati.
Fasilitas
  1. Sms info
    • Informasi Saldo
    • PLN
    • Telkom
    • Kartu Halo
    • Matrix
    • Rek Tujuan Transfer bank lain
    • Ganti PIN
    • Bantuan/ Help
  2. Sms transfer
    • Transfer Antar Rekening BRI
    • Transfer Antar Bank.
  3. Sms prepaid
    • Pembelian Pulsa Isi Ulang (Simpati/AS, Mentari, XL, IM3 SMART, Axis).
  4. Sms payment
    • Pembayaran Tagihan Kartu Kredit BRI
    • Pembayaran DPLK
    • Pembayaran Zakat YBM BRI
    • Pembayaran Infaq YBM BRI
    • Pembayaran Tagihan Citibank
    • Pembayaran Tagihan SCB
    • Pembayaran Tagihan HSBC
    • Pembayaran Tagihan RBS
    • Pembayaran Tagihan ANZ
    • Pembayaran Zakat Dompet Dhuafa (DD)
    • Pembayaran Infaq Dompet Dhuafa (DD)
    • Pembayaran Tagihan Lainnya
    • Pembayaran Tagihan PLN
    • Pembayaran Tagihan Telkom
    • Pembayaran Tagihan Kartu Halo
    • Pembayaran Tagihan Matrix
1.   REGISTRASI DI ATM
Melakukan registrasi awal untuk dapat bertransaksi secara non financial melalui atm BRI dengan memilih Menu "Transaksi Lain" kemudian melakukan "Registrasi" dengan mendaftarkan nomor HP kita.
2.                  REGISTRASI DI UNIT KERJA
Registrasi SMS Banking di Unit Kerja BRI (Kanca, KCP,KK dan Unit) ditujukan untuk transaksi yang bersifat financial seperti Transfer antar rekening, Pembelian Pulsa, dll. Dengan cukup mengisikan formulir aplikasi permohonan Registrasi SMS Banking dengan melampiri foto copy KTP yang masih berlaku dan foto copy kartu ATM BRI.
3.Internet Banking BRI
Dengan Internet Banking BRI, Kita dapat berinteraksi dengan BRI selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun, di manapun Kita berada.
Keunggulan
·                     MUDAH.
Cukup melakukan registrasi Internet Banking BRI di ATM BRI dan registrasi mTOKEN di Customer Service Kanca/KCP BRI maka kita dapat langsung bertansaksi dengan mengakses alamat https://ib.bri.co.id
  • USER FRIENDLY.
Desain mudah dimengerti dan digunakan, sehingga kita tidak perlu membaca buku manual untuk menggunakan menu-menu dasar yang ada.
  • DAPAT DILAKUKAN SETIAP SAAT
Penggunaan internet banking dimaksudkan untuk memudahkan kita melakukan transaksi perbankan pada berbagai situasi dan keadaan.
·         KEAMANAN YANG BERLAPIS.
- Menggunakan teknologi kriptografi seperti penggunaan enkripsi dengan menggunakan SSL (Secure Socket Layer) yang akan mengacak dan menyandikan data transaksi.
- Dilengkapi dengan mTOKEN sebagai kode pengaman tambahan yang diberikan kepada pengguna Internet Banking untuk dapat melakukan transaksi financial. mTOKEN dikirim melalui SMS setelah pengguna melakukan permintaan mTOKEN.
  • TIDAK MEMERLUKAN PERANGKAT TAMBAHAN.
Karena mTOKEN akan dikirimkan via sms ke nomor handphone kita maka tidak diperlukan perangkat tambahan yang harus kita bawa.
mTOKEN
Token yang digunakan berupa mobile Token (mTOKEN) dimana kode pengaman tambahan akan dikirim melalui SMS setelah pengguna melakukan permintaan mTOKEN. Menu permintaan mTOKEN terdapat pada website IB BRI yang diakses melalui https://ib.bri.co.id
§  1 (satu) mTOKEN hanya bisa digunakan untuk 1 kali transaksi finansial. mTOKEN hanya dikirimkan ke Nomor HP kita yang telah diregistrasikan melalui Unit Kerja BRI setelah ada permintaan dari kita melalui layar Internet Banking.
§  Setiap kali request mTOKEN, kita akan mendapatkan 5 (lima) nomor kombinasi yang dikirim melalui SMS dari nomor khusus.
§  Ke-5 mTOKEN tersebut dapat digunakan untuk melakukan 5 kali transaksi dalam 12 Jam. Lewat dari waktu 12 Jam, ke 5 (lima) atau sebagian sisa mobile token yang telah digunakan tersebut akan expired.
Fasilitas
  • Informasi Rekening
    • Informasi Saldo
    • Mutasi Rekening
  • Transfer Dana
    • Transfer
      • Transfer Antar Rek BRI
      • Transfer ke Bank lain.
    • Transaksi Terjadwal
      • Tambah Transfer
      • Lihat Status
    • Daftar Transfer
  • Pembayaran dan Pembelian
    • Pembayaran Tagihan
      • KK Bank BRI
      • KK Bank Lain : Citibank, RBS, ANZ, SCB, HSBC
      • Telepon/Selular : Telkom, Kartu Halo, Flexi, Matrix
      • Listrik
      • KTA Bank Lain : Citibank, RBS, SCB, HSBC
      • Internet : Speedy, Flash
      • Pembayaran Multifinance :FIF, BAF, Financia, OTO, Verena, WOM
    • Pembayaran terpadu (pembayaran untuk beberapa transaksi sekaligus dalam satu kali eksekusi)
    • Pembelian
      • Isi Ulang Pulsa: IM3, Mentari, Simpati, Kartu As, XL, SMART, AXIS, 3
      • Deposit e-Money
    • Transaksi terjadwal
      • Tambah Pembayaran Tagihan
      • Lihat Status
      • Daftar Pembayaran
  • Daftar Pembayaran Pelayanan Nasabah
    • Pesan
      • Pesan Masuk
      • Pesan yang telah terkirim
      • Buat Pesan Baru
    • Administrasi
      • Ubah Password
      • Ubah Alamat email
      • Catatan aktivitas
    • Daftar rekening tujuan
      • Transfer dana
      • Pembayaran tagihan
  • mTOKEN : Permintaan mTOKEN
4.E-Buzz
Layanan perbankan di atas kendaraan yang telah didesain sedemikian rupa, sehingga layanan ini menyerupai Kantor Kecil (Mini Mobile Branch) yang dapat bergerak dan berpindah-pindah.
Keunggulan
Memberikan kemudahan bagi kita melakukan transaksi perbankan tanpa harus datang ke unit kerja BRI, karena terdapat petugas-petugas BRI yang terdiri dari CSO, Teller dan Security yang siap membantu nasabah.

Fasilitas
  • Pembukaan tabungan.
  • Registrasi e-banking.
  • ATM, maka kita dapat melakukan penarikan tunai, pembayaran-pembayaran, pembelian, transfer dan transaksi non tunai lainnya.
  • MiniATM, maka kita dapat melakukan transaksi non tunai, penggantian kartu, issuing PIN, Change PIN dll.
  • Informasi Produk BRI.

5.      KIOSK BRI

Sarana bagi nasabah untuk melakukan transaksi yang bersifat non tunai dilengkapi pula dengan tampilan Informasi, Simulasi, Promosi dan lainnya.

Keunggulan

  • USER FRIENDLY
Dengan desain yang mudah dimengerti dan digunakan, tampilan yang komunikatif yang dilengkapi dengan touch screen.
Dapat juga diakses bagi anda yang belum menjadi nasabah BRI (terbatas pada simulasi, informasi dan promosi saja).

Fasilitas

  • Transfer Antar Rekening BRI
  • Info Saldo
  • Pembayaran
    • KK Bank BRI
    • KK Bank Lain : SCB, ANZ, RBS, HSBC, Citibank
    • Tagihan PLN JAwa, Sumbar, Bali
    • Telepon/Selular : Telkom, Flexi, Kartu Halo, Matrix
    • KTA Bank Lain : SCB, RBS, Citibank, HSBC
  • Top Up Kartu BRIZZI dan Kartu Blitz
  • Transfer saldo kartu Blitz ke online
  • Registrasi SMS Banking
  • Ganti PIN
  • Cetak mutasi 5 transaksi terakhir
  • Simulasi
    • Simulasi Deposito
    • Simulasi Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)
    • Simulasi Kredit Kepemilikan Rumah (KPR)
  • Informasi
  • Promosi.

6.      Mini ATM BRI

Untuk melayani transaksi perbankan non tunai dan self service, sebagaimana halnya fitur-fitur yang tersedia di ATM, seperti transaksi informasi saldo, informasi mutasi, transfer maupun transaksi pembayaran tanpa uang tunai.

Keunggulan

  • Jaringan yang luas memberikan kemudahan mengakses mini ATM.
  • Dapat diakses oleh pemegang kartu ATM bank lain yang tergabung dalam jaringan ATM Link, Bersama, dan Prima

Fasilitas

  • Informasi Saldo
  • Transfer Antar Rekening BRI
  • Pembayaran Tagihan
    • PLN Jawa
    • Telkom, Flexi, Halo dan Matrix
    • Kartu Kredit BRI
    • SPP UT
  • Pembayaran SIM dan BPKB, Klinik Pengemudi
  • Debit Kartu BRI (Purchase)
  • Aktivasi Kartu
  • Pembelian
    • Pulsa Simpati, Mentari, IM3, XL
    • Paket UT
  • Registrasi E-Banking
  • Penggantian PIN
  • Penyetoran Pinjaman dan Simpanan Kupedes
  • Tarik Tunai Simpanan
  • Aplikasi PUSRI
  • Top Up dan Payment BRIZZI
7.      BRIZZI
Uang elektronik BRI, sarana pembayaran di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan BRI. Transaksi dilakukan berdasarkan teknologi chip dengan saldo maksimal Rp 1.000.000,-.
Keuntungan
  • Dapat dimiliki oleh siapapun (tanpa harus memiliki rekening BRI).
  • Nilai uang di dalam kartu dapat diisi ulang/Top Up (via EDC maupun ATM)
  • Isi ulang Brizzi dapat melalui rekening BRI maupun Bank lain.
  • Dapat digunakan di merchant yang sudah bekerjasama dengan BRI.
  • Mengakomodasi pembayaran transaksi mulai dari Rp 1,- sampai dengan Rp 1.000.000,-
  • Transaksi dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, tidak melakukan pembayaran dengan menggunakan uang tunai dan tidak direpotkan dengan uang recehan.
  • Nikmati promo-promo Brizzi yang bervariatif.

8.      MoCash
Dengan Mobile Cash BRI, Kita dapat melakukan pembayaran dalam transaksi belanja kita di merchant dengan menggunakan telepon seluler.
Keuntungan
  • Meminimalkan transaksi dengan uang tunai.
  • Tidak perlu membawa perangkat tambahan karena sudah ada dalam handphone pribadi .
  • Memfasilitasi pembayaran langsung pada transaksi Delivery Order.
  • Apapapun tipe dan jenis handphone, anda dapat menikmati layanan mobile cash kami.
Pembayaran
  • Transaksi dapat dilakukan dengan tahapan :
    • Masuk menu smsPurchase
    • Menu mobile debet
    • Masukkan Store ID, Jumlah Pembayaran dan PIN
    • Kirim
    • Ketik sms : BAYAR MD dan kirim ke 9123.
  • Nasabah dan kasir akan menerima sms notifikasi sebagai bukti pembayaran.
9.      EDC Merchant
EDC Merchant adalah Mesin gesek kartu yang dapat digunakan untuk menerima transaksi pembayaran (purchase) dengan kartu kredit, kartu debit dan kartu prepaid yang diletakkan di merchants.
Setiap pemasangan EDC di Merchant, maka Merchant akan dikenakan MDR (Merchant Discount Rate) yaitu fee yang dibebankan oleh Acquiring Bank (pemilik EDC) kepada Merchant (pemili usaha) atas setiap transaksi melalui mesin EDC.
Untuk menampung dana hasil transaksi Merchant di EDC BRI, maka Merchant diwajibkan untuk membuka/memiliki rekening Giro atau tabungan.
Manfaat
·        Menambah jumlah transaksi merchant, karena merchant dapat melayani transaksi dengan menggunakan kartu (menjaring customer yang tidak membawa uang tunai)
·        Menambah daya saing merchant dengan merchant yang ada disekitarnya. Karena dapat melayani transaksi tunai dan transaksi dengan menggunakan kartu.
·        Meningkatkan volume penjualan merchant karena dapat menjaring customer yang tidak membawa uang cash/tunai.
·        Sirkulasi Keuangan Merchant akan meningkat hal ini disebabkan karena Merchant dapat melayani transaksi tunai dan transaksi dengan menggunakan kartu.
·        Biaya penanganan uang tunai turun karena transaksi pembayaran Merchant langsung masuk ke no rekening Merchant (cashless payment).
Biaya yang Akan Ditanggung oleh Merchants
·        MDR (Merchant Discount Rate) yang telah disepakati.
·        Biaya kehilangan dan kerusakan yang diakibatkan oleh merchant.
Fitur dan Fasilitas EDC Merchants
1.     Menerima transaksi semua jenis kartu
·        Kartu Kredit BRI (Master dan Visa)
·        Kartu Debit BRI (Master Card)
·        Kartu Debit Private Label BRI (Simpedes dan Junio)
·        Kartu Brizzi
·        Kartu Kredit dan Debit Bank Lain (Mastercard dan Visa)
2.     Pembayaran ke Merchant H+1 Termasuk Hari Libur
·        Pembayaran ke merchant dilakukan H+1 setelah proses settlement dilakukan oleh pihak merchant termasuk hari libur (settlement hari sabtu pembayaran akan dilakukan pada hari minggu)
·        Cut off time untuk upload data umumnya dilakukan sekitar jam 11 malam.  Oleh karena itu jika settlement dilakukan setelah jam 11 malam, maka pembayaran akan ditambah 1 hari lagi karena mengikuti jadwal upload data berikutnya.  Misalnya: settlement hari Senin jam 11.30 malam, upload data mengikuti hari Selasa malam, sehingga pembayaran baru dilakukan pada hari Rabu.

10.  BRILink

BRILink merupakan perluasan layanan BRI dimana BRI menjalin kerjasama dengan nasabah BRI sebagai Agen yang dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara real time online menggunakan fitur EDC miniATM BRI dengan konsep sharing fee.
Produk dan Layanan Agen BRILink sebagai berikut:
  • Laku Pandai menurut POJK No.19/POJK.3/2014 adalah kegiatan menyediakan layanan perbankan dan/atau layanan keuangan lainnya yang dilakukan tidak melalui jaringan kantor, namun melalui kerjasama dengan pihak lain dan perlu didukung  dengan penggunaan sarana teknologi informasi. Layanan Laku Pandai tersedia di agen BRILink untuk unbanked/unserved people dalam rangka keuangan inklusif.
  • T-Bank mendukung Layanan Keuangan Digital (LKD) sesuai PBI No.16/8/PBI/2014 dan SE BI No.16/12/DPAU mengenai Penyelenggaraan Layanan Keuangan Digital Dalam Rangka Keuangan Inklusif Melalui Agen Layanan Keuangan Digital Individu. T-Bank adalah produk uang elektronik berbasis server milik BRI yang menggunakan nomor handphone yang didaftarkan sebagai nomor rekening. Layanan T-Bank tersedia di Agen BRILink agar dapat dimanfaatkan bagi masyarakat sebagai “rekening” tabungannya dan diperoleh dengan kemudahan registrasi tanpa harus ke datang ke unit kerja.
  • MiniATM BRI adalah Electronic Data Capture (EDC) yang digunakan untuk melakukan transaksi keuangan non tunai sebagaimana halnya transaksi keuangan non tunai yang disediakan ATM.

1.FITUR DAN FASILITAS

TBANK
  1. Cash In
  2. Cash Out
  3. Report
TUNAI
  1. Setoran Pinjaman
  2. Setoran Simpanan
  3. Tarik Tunai
MINI ATM
  1. Registrasi
    1. Mobile Banking
    2. Internet Banking
  1. Informasi
    1. Saldo Rekening
    2. Mini Statement
    3. Mutasi Rekening
  1. Transfer
    1. Sesama BRI
    2. Antar Bank
    3. Kode Bank
  1. Pembayaran
    1. Telkom
    2. Pasca Bayar: Halo, Matrix
    3. PLN: PLN Prabayar, PLN Pasca Bayar, Cetak Token
    4. Telepon Rumah
    5. Kartu Kredit: BRI, Citibank, HSBC, Standard Chartered, ANZ
    6. Cicilan: FIF, BAF, OTO, WOM, Finansia/ K. Plus, Verena
    7. Zakat: Dompet Dhuafa, YMB
    8. Infaq: Dompet Duafa, YMB
    9. DPLK BRI
    10. Tiket Pesawat: Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air
    11. BRIVA
    12. Pendidikan
  1. Isi Ulang Pulsa:
    1. Simpati – Kartu As
    2. Mentari
    3. IM3
    4. XL
    5. Three
    6. Axis
    7. Esia
    8. Smart
    9. Fren
  1. Setor-Pasti

FASILITAS

  • Fasilitas  T-Bank
·        Setor uang pada nomor telepon seluler
·        Kirim uang ke nomor telepon seluler lain
·        Tarik tunai tanpa kartu di ATM BRI seluruh Indonesia
·        Tarik tunai di Agen BRILink
·        Isi pulsa seluler, isi ulang listrik prabayar dan membayar tagihan listrik*
·        Berbelanja  online pada website merchant e-Pay BRI
·        Berbelanja pada merchant Mocash
Keuntungan :
·         Bebas biaya administrasi tabungan, minimum saldo dan biaya penutupan rekening
·         Dapat diberikan Kartu ATM
·         Bebas biaya transfer sesama BRI
·         Dapat melakukan penarikan maupun penyetoran tabungan di seluruh BRI Unit, Teras BRI, dan Agen Brilink
  1. Rekomendasi/Referral Pinjaman Mikro – Kupedes Rakyat
·        Usaha telah berjalan minimal 6 (enam) bulan.
·        Besar plafond kredit yang diberikan maksimal Rp 25 juta (total eksposur).
·        Suku bunga pinjaman sebesar 1,25% flate/bulan (non-PBTW)
·        Tidak dipungut biaya provisi dan biaya administrasi.
·        Jangka waktu kredit untuk Modal Kerja maksimal 3 Tahun dan untuk Investasi maksimal 5 Tahun.
  1. Asuransi Mikro – AM-KKM *)
Fasilitas AM-KKM (Asuransi Mikro – Kesehatan, Kecelakaan, dan Meninggal Dunia) dengan pembayaran premi hanya 1 (satu) kali  untuk jangka waktu 1 tahun.

2.MANFAAT BRILINK

  • Agen
    1. Tambahan sumber pendapatan
    2. Peningkatan image karena di-branding dari BRI
    3. Menambah segmen pelanggan dan potensi cross selling usaha
  • Masyarakat
    1. Dekat dengan domisili sehingga menghemat waktu dan biaya
    1. Bisa bertransaksi tanpa harus dibatasi jam kantor atau hari libur
    1. Bisa “NABUNG” dan “TARIK TUNAI” dengan nominal kecil
    1. Suasana lebih kekeluargaan dan informal

KEUNGGULAN SEBAGAI AGEN BRILINK

·         Tanpa modal alat
·         Bebas biaya sewa bulanan alat *)
·         Dapat melayani pembukaan rekening tabunganku Basic Saving Account (BSA), T-bank, transfer sesama BRI dan antar bank serta fitur transaksi lainnya (bayar listrik, telepon, cicilan, beli pulsa, dan lainnya)
·         Fee yang diberikan kompetitif

3.KETENTUAN AGEN

 Persyaratan untuk menjadi Agen BRILink:

·        Perseorangan / Instansi non berbadan hukum
·        Memiliki usaha min 2 tahun
·        Memiliki rekening simpanan berkartu di BRI (menyetor uang jaminan sebesar Rp 3.000.000,-) dan saldo tersebut diblokir selama menjadi agen,  atau;
·        Memiliki rekening pinjaman di BRI (tanpa harus menyetor uang jaminan) dengan kolektibilitas Lancar selama 6 bulan terakhir
·        Memiliki surat keterangan usaha (sekurang-kurangnya dari perangkat desa)
·        Belum menjadi agen dari Bank penyelenggara Laku Pandai

4.CALL CENTER

  • Terkait dengan complain handling dari Agen, FO/Mantri/AO dapat mengarahkan untuk menghubungi Call Center BRI (021-500274).
  • Terkait dengan complain handling dari pelanggan, Agen dapat mengarahkan untuk menghubungi Call Center BRI (14017).
  • Terkait dengan complain handling dari Unit Kerja, dapat menghubungi Helpdesk BRI (021-500321).








BAB III
JASA-JASA YANG DI BERIKAN OLEH BANK MANDIRI
1.      Mandiri Sms Banking
Apapun SIM Card Anda, nikmati pilihan cara bertransaksi
Ketik SMS atau Pilih MenuKini, transaksi perbankan semakin mudah. Mandiri SMS adalah layanan perbankan yang dapat Anda gunakan untuk bertransaksi perbankan melalui SMS di ponsel Anda. Transaksi Perbankan, Kapan Saja, Dimana saja berbagai keuntungan yang kita dapatkan
Mudah dan Fleksibel
Ketik SMS atau Pilih Menu Dengan mengetikkan kode transaksi yang dibutuhkan, jawaban akan diterima dalam bentuk SMS juga atau transaksi dapat dilakukan dengan SIM Microbrowser Mobile Banking memilih menu pada ponsel *).
Lebih Efisien
Biaya transaksi sebesar biaya SMS + Rp500. Untuk notifikasi SMS sebesar Rp500.
Memakai semua jenis SIM Card
Apapun jenis SIM Card yang kita miliki, transaksi perbankan dapat di lakukan.
Transaksi dengan memilih menu ini dapat dinikmati oleh pengguna navigator Telkomsel. Life In Hand XL, Matrix dan Mentari Indosat
Jenis Transaksi
  1. Transfer dana
    • Transfer antar rekening Bank Mandiri
    • Transfer antar Bank
  2. Cek Saldo
    • Saldo rekening tabungan , rekening valas dan pinjaman.
  3. Informasi
    • Informasi tagihan Mandiri Visa
    • 5 transaksi terakhir rekening
    • Suku bunga Deposito, suku bunga Tabungan dan kurs valuta asing
  4. Pembayaran dan pembelian
    • Pembayaran tagihan Mandiri VISA, Telkom, Telkom Flexi, KartuHALO, Matrix, Xplor, Fren, Esia, StarONE, Garuda, Air Efata, Air Asia, Adam Air, Merpati Air, Riau Air, Travel Agent , PLN, PBB, Kompas, XL Kita, IndosatNET, CBN Internet, Kabel Vision, Indo Vision, Multiartha, AXA Mandiri, Bina Sarana Informatika, Perbanas Jakarta, Amikom Yogya
    • Pembelian voucher isi ulang simPATI, IM3 Smart, Mentari , XL bebas, Flexi Trendy, Fren dan Esia dan StarONE
  5. Notifikasi SMS
    • Pendebitan/pengkreditan di atas nilai tertentu
    • Penolakan cek/bilyet giro
    • Jatuh tempo rekening Deposito
    • Saldo rekening di bawah nilai tertentu.
  6. Perubahan PIN
    • Perubahan PIN

1. Fitur dan Menu Layanan Mandiri ATM

Mandiri ATM Siap Melayani Nasabah di Seluruh Pelosok Negeri

Mandiri ATM, Semakin dekat
Nasabah dapat melakukan aktivitas perbankan melalui lebih dari 10.360 Mandiri ATM yang tersebar di lokasi-lokasi yang strategis di seluruh propinsi di Indonesia.
Mandiri ATM, Semakin mudah
Berbagai jenis transaksi dapat dilakukan di Mandiri ATM, mulai dari pembayaran tagihan, isi ulang pulsa, pembelian tiket, inquiry, transfer antar rekening, transfer antar bank online, cetak 5 transaksi terakhir, isi ulang mandiri prabayar, dll.
Mandiri ATM, 24x7
Layanan Mandiri ATM dapat dimanfaatkan setiap saat, 24 jam sehari 7 hari seminggu
Mandiri ATM, Multi akses
Selain menggunakan Kartu Mandiri Debit, Mandiri ATM juga melayani transaksi menggunakan   Kartu Bank Syariah Mandiri, Kartu berlogo LINK, ATM Bersama, Prima, Visa/Plus dan MasterCard/ Cirrus.
Mandiri ATM, didukung layanan Call Mandiri 14000
Untuk informasi lengkap atau apabila terdapat permasalahan dalam penggunaan Mandiri ATM, nasabah dapat menghubungi layanan Mandiri Call 14000

Fitur/Layanan Mandiri ATM

ATM Tunai
  1. Tarik Tunai, Informasi Saldo dan Transfer
Penarikan Tunai, Informasi Saldo, Cetak 5 Transaksi Terakhir, Transfer Antar Rekening Mandiri dan Transfer Antar Bank
  1. Pembayaran / Payment
Kartu Kredit Mandiri dan Bank Lain, Listrik dan Gas, TV Kabel/Internet, Pendidikan, PAM, Pajak, Angsuran, Pinjaman Bank, Asuransi, Tiket Pesawat dan Kereta Api, Zakat
  1. Pembayaran Tagihan Telepon/Handphone
Telkom/Flexy/Vision, Kartu Halo, Matrix, IM3 Bright, Xplor, FREN/Hepi/Mobi, Esia, 3 Postpaid, Smart Telecom, dan Starone.
  1. Isi Ulang Pulsa Handphone
Simpati, Mentari, IM3, FREN/Hepi/Mobi, Esia, Flexi Trendy, XL/bebas , 3 Prabayar, Smart Telecom, Axis, Starone Prabayar, dan Kartu AS.
  1. Penggantian PIN, Registrasi dan Cetak Bukti Transaksi
Penggantian PIN Kartu Mandiri Debit, Registrasi Mandiri SMS, Mandiri Internet Banking, Mandiri Call,  dan Cetak Bukti Transaksi SMS Banking.
  1. Kartu Mandiri Prabayar
Informasi Saldo, Top Up Mandiri Prabayar, Histori Transaksi, dan Update Saldo
ATM Non Tunai dengan fitur favoritku
  1. Favoritku
Dapat menyimpan data transaksi rutin Anda seperti transfer, pembayaran dan isi ulang handphone.


  1. Informasi Saldo dan Transfer
Penarikan Tunai, Informasi Saldo, Cetak 5 Transaksi Terakhir, Transfer Antar Rekening Mandiri dan Transfer Antar Bank
  1. Pembayaran / Payment  
Kartu Kredit Mandiri dan Bank Lain, Listrik dan Gas, TV Kabel/Internet, Pendidikan, PAM, Pajak, Angsuran, Pinjaman Bank, Asuransi, Tiket Pesawat dan Kereta Api, Zakat
  1. Pembayaran Tagihan Telepon/Handphone
Telkom/Flexy/Vision, Kartu Halo, Matrix, IM3 Bright, Xplor, FREN/Hepi/Mobi, Esia, 3 Postpaid, Smart Telecom, dan Starone.
  1. Isi Ulang Pulsa Handphone
Simpati, Mentari, IM3, FREN/Hepi/Mobi, Esia, Flexi Trendy, XL/bebas , 3 Prabayar, Smart Telecom, Axis, Starone Prabayar, dan Kartu AS.
  1. Penggantian PIN, Registrasi dan Cetak Bukti Transaksi
Penggantian PIN Kartu Mandiri Debit, Registrasi Mandiri SMS, Mandiri Internet Banking, Mandiri Call,  dan Cetak Bukti Transaksi SMS Banking.
  1. Kartu Mandiri Prabayar
Informasi Saldo, Top Up Mandiri Prabayar, Histori Transaksi, dan Update Saldo
ATM Setor Tunai (CDM)
  1. Setor Tunai
Dapat melakukan setoran uang tunai (pecahan Rp 50.000 dan Rp. 100.000)
  1. Informasi Saldo dan Transfer
Informasi Saldo, Cetak 5 Transaksi Terakhir dan Transfer Antar Rekening Mandiri.

FAQ Mandiri ATM

Mandiri ATM dapat digunakan oleh :
  • Seluruh Kartu Mandiri Debit untuk semua layanan transaksi
  • Kartu Kredit Mandiri Visa dan Master untuk tarik tunai dan inquiry tagihan
  • Kartu Bank Syariah Mandiri (BSM) untuk tarik tunai, informasi saldo, ganti PIN, transfer antar rekening BSM, transfer dari BSM ke Mandiri dan Bayar Zakat
  • Kartu dengan logo LINK untuk tarik tunai, informasi saldo dan Transfer Antar Bank jaringan LINK
  • Kartu dengan logo ATM Bersama untuk tarik tunai, informasi saldo dan Transfer Antar Bank jaringan ATM Bersama dan Isi Ulang Mandiri Prabayar
  • Kartu dengan logo Prima untuk tarik tunai, informasi saldo dan Transfer Antar Bank jaringan Prima
  • Kartu dengan logo Visa/Plus untuk tarik tunai dan informasi saldo
  • Kartu dengan logo MasterCard/Cirrus untuk tarik tunai dan informasi saldo
Fitur/layanan Mandiri ATM saat ini
Saat ini di ATM Mandiri sudah tersedia lebih dari 100 fitur/layanan, yang pada intinya terdiri dari: (Fitur lengkap lihat di Fitur ATM Mandiri) :
  • Penarikan Tunai
  • Informasi Rekening Tabungan, Valas, Pinjaman
  • Transfer Antar Rekening Bank Mandiri dan Antar Bank
  • Pembayaran Tagihan Rutin (Listrik/Gas, Telpon/HP, Kartu Kredit , PAM, Pendidikan, Pajak, Asuransi, Angsuran dan Pinjaman Bank, TV Kabel/Internet, Tiket Pesawat, Zakat, dll)
  • Pembelian Voucher Handphone (Mentari, Simpati, XL, IM3 Smart, Flexy, Esia, Fren, 3)
  • Mini Statement / Cetak 5 Transaksi Terakhir
  • Registrasi eBanking : Mandiri SMS, Mandiri Internet, Mandiri Call
  • Cetak Bukti Transaksi Mandiri SMS
  • Kartu Mandiri Prabayar : Top Up, Informasi Saldo, Histori Transaksi dan Update Saldo

Layanan 24 Jam Bank Mandiri

Layanan 24 Jam adalah saluran distribusi elektronik Bank Mandiri yang terdiri dari Mandiri ATM, Mandiri SMS, Mandiri internet, Mandiri Call, Mandiri Mobile dan Mandiri Internet Bisnis.

Fitur & Menu Layanan

Mandiri Call, layanan perbankan otomatis 24 Jam melalui telepon atau ponsel yang membuat kita semakin dekat dengan rekening kita dan memudahkan kita mengatur keuangan lebih leluasa tanpa batasan waktu dan tempat. Melakukan transaksi perbankan semudah menekan tombol telepon

Dengan Mandiri Call nasabah dapat melakukan :

  • Transfer antar rekening Bank Mandiri
  • Pembayaran tagihan :
    • Listrik (PLN),
    • PAM
    • Telepon/Handphone
    • Kartu Kredit
    • Tiket Pesawat/Kereta Api,
    • Iklan,
    • Internet,
    • Televisi berlangganan,
    • PBB,
    • Pendidikan,
    • Asuransi
  • Pembelian isi ulang pulsa
  • Pembukaan deposito rupiah
  • Informasi saldo rekening dan 10 transaksi terkahir
  • Informasi (suku bunga, kurs, rekening pinjaman), aplikasi pinjaman dan produk
Produk dan layanan perbankan Bank Mandiri 
Layanan Faksimili

Fasilitas Tekan Cepat

Fasilitas Tekan cepat kami siapkan bagi kita yang sudah terbiasa menggunakan Mandiri Call dan ingin melakukan transaksi secara cepat. Silahkan melakukan intervensi langsung dengan menekan angka berturut-turut, pada sata mesin penjawab mengucapkan salam.
Transaksi
Fasilitas Layanan Kilat IVR
Menghubungi staf Mandiri Call Perbankan
             14000 --> 1 --> 0 --> 1
Menghubungi staf Mandiri Kartu Kredit
14000 --> 1 --> 0 --> 2
Info Saldo
Masukkan nomor kartu --> masukkan PIN --> info saldo
Transfer
Masukkan nomor kartu --> masukkan PIN --> info saldo --> 2 --> 1
Bayar PLN
Masukkan nomor kartu --> masukkan PIN --> info saldo --> 3 --> 3
Bayar TELKOM, HP
Masukkan nomor kartu --> masukkan PIN --> info saldo --> 3 --> 1 --> 2
Bayar Kartu Kredit
Masukkan nomor kartu --> masukkan PIN --> info saldo --> 3 --> 2
Isi Ulang HP
Masukkan nomor kartu --> masukkan PIN --> info saldo --> 3 --> 2

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

MANFAAT YANG SUDAH DI PEROLEH DARI LEMBAGA KEUANGAN

Dari sebagian banyak jasa yang ditawarkan oleh BANK MANDIRI maupun BANK BRI kepada semua nasabah, dari BANK Mandiri saya menggunakan beberapa layanan jasa seperti SMS banking MANDIRI,ATM Mandiri, kemudian penyimpanan uang untuk tabungan.

Kemudian dari BANK BRI saya telah menggunakan layanan jasa seperti ATM BRI dan penyimpanan uang untuk menabung dan transfer di rekening BRI maupun rekening lain.

 Sebagai nasabah dari lembaga keuangan/BANK, saya telah memperoleh beberapa manfaat diantaranya bias menyimpan uang dengan sedikit-sedikit, tidak perlu takut uang akan hilang, apalagi dengan menggunakan ATM BRI maupun Mandiri, saya sangat terbantu untuk pengiriman uang, penarikan uang, maupun penyetoran uang tunai, selain itu juga saya dapat menarik uang sesuai dengan keperluan dan tidak terlalu banyak atau berlebih. Kemudian dengan menggunakan SMS banking Mandiri semua dapat dilakukan dengan genggaman tangan dalam hal transaksi perbankan diantaranya ialah, kita dapat melihat jika ada saldo masuk maupun setelah transaksi transfer, maka dengan otomatis kita akan di beritahu lewat sms, selain itu kita juga dapat mengecek sisa saldo kita hanya dengan lewat sms yang hanya akan dekenakan tariff Rp500,- . dengan SMS banking saya dapat melakukan pembayaran apapun seperti: taihan listrik, tagihan tv kabel, pembayaran spp semester kuliah, pengisian pulsa listrik maupun hp.

 

 

 

Sumber-sumber

            www.bankmandiri.co.id

            www.bankmandiri.co,id/retail/login

            ib.bankmandiri.co.id/retail

            www.bri.co.id/

            www.bri.co.id/articles/129

            https:www.google.co.id/search.bripedulipapua

            id.wikipedia.org/wiki/PNPM_mandiri

            www.tnp2k.go.id/id/program/program

            id.wikipedia.org/wikil/otonomi_khusus_papua


 

3 komentar:

  1. Jangan gunakan semua Pemberi Pinjaman Uang Pribadi ini. Mereka berada di, Ghana Turki, Prancis dan Israel.

    Nama saya adalah Mrs.Amisha, saya berasal dari Filipina. Apakah Anda mencari pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman pribadi atau bisnis yang mendesak?

    Hubungi Persetujuan Pinjaman Cepat yang Sahir dia membantu saya dengan pinjaman sebesar $75000 beberapa hari yang lalu setelah mendapat scammed $12000 dari seorang wanita yang mengaku sebagai pemberi pinjaman dari france tapi saya bersyukur kepada Tuhan hari ini bahwa saya mendapatkan pinjaman saya senilai $75000.Feel bebas untuk menghubungi perusahaan tersebut untuk mendapatkan uang asli. Email: (Suzaninvestment@gmail.com

    BalasHapus
  2. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  3. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus