TUGAS
EKONOMI MONETER
TEMA
(Lembaga Keuangan/BANK)

OLEH
Hendri
Angga Setiwan
2013-50-062
JURUSAN EKONOMI PEMBANGUNAN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS PAPUA
Manokwari
2015
BAB I
PERAN BANK DI ERA OTSUS PAPUA
Dari
BANK BRI
1. BRI Peduli
Pada
Hari Ulang Tahun(HUT) Polri ke-67 lalu, Kepolisian Daerah Papua menerima 3
Mobil Suzuki APV dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui program BRI Peduli. Pimpinan
BRI Wilayah Papua, Priyastomo kepada wartawan saat di sela-sela syukuran HUT
ke-67 Bhayangkara di Sasana Krida Kantor Gubernur Papua, mengatakan, BRI Peduli
memberikan bantuan 3 unit Mobil APV kepada Polda Papua dengan tujuan membantu
Polri khususnya Polda Papua dalam operasional. Mobil yang diserahkan itu
merupakan mobil penyuluhan yang bisa dipakai membantu kerja Polisi di Kota Jayapura
maupun di daerah terpencil. Priyastomo menerangkan, jumlah mobil yang
diserahkan itu, 2 diberikan kepada jajaran Polda Papua sedangkan 1 unit
diberikan kepada Polres Manokwari yang langsung diterima oleh Kapolda Papua,
Irjen (Pol) Drs. M. Tito Karnavian, MA.Ph.D.Menurut Priyastomo, mobil itu
diberikan membantu tugas Polri sebagai pelayan dan pengayom masyarakat dalam
melaksanakantugas sehari-hari sehingga didesain berbentuk penyuluhan, yang
didalamnya dilengkapi persisi seperti mobil penyuluhan secara umum. “Contohnya
ada genset, toa,tempat duduk khusus dan lain-lain,” katanya. Harapannya, dengan
bantuan yang diberikan Bank BRI Peduli itu, Polda Papua semakin lebih baik lagi
dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Papua seiring semakin besarnya
tantangan yang dihadapi Polri pada masa sekarang ini. Pada saat itu, bertepatan
dengan HUT Polri ke-67 bantauan yang diberikan BRI Peduli semoga bisa
bermanfaat dan digunakan dengan sebaik-baiknya dalam menunjang kinerja Polri di
Provinsi Papua dan Papua Barat.
2.
Dana
KUR
Hingga akhir tahun kami menargetkan bisa
mengucurkan dana KUR hingga mencapai Rp386 miliar di wilayah Papua dan Papua
Barat. Khusus di Kabupaten Mimika, kita memproyeksikan dapat mengucurkan dana
KUR hingga Rp11 miliar," jelas Hutabarat.Timika (Antara Papua) - Bank
Rakyat Indonesia menyediakan dana hingga Rp11 miliar untuk menunjang program
Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi para pengusaha mikro di Kabupaten Mimika,
Provinsi Papua.Pemimpin Wilayah BRI Jayapura Presley Hutabarat di Timika,
Senin, mengatakan sejak 18 Agustus lalu BRI telah meluncurkan program KUR di seluruh
Indonesia dan dana yang disediakan untuk menunjang itu mencapai Rp17
triliun.Para pengusaha mikro, katanya, dapat memanfaatkan program KUR yang
berbungasangat rendah dengan maksimum plafon kredit yang dikucurkan sebesar
Rp25 juta.Menurut dia, di wilayah Papua dan Papua Barat nasabah KUR sudah
mencapai lebih dari 1.000 orang."Hingga akhir tahun kami menargetkan bisa
mengucurkan dana KUR hingga mencapai Rp386 miliar di wilayah Papua dan Papua
Barat.
Dari BANK Mandiri
1.
PNPM
Mandiri RESPEK
Mengenai
Laporan PNPM RESPEK Studi ini dilakukan untuk mengevaluasi pelaksanaan Program
PNPM Mandiri RESPEKdi Propinsi Papua dan Papua Barat. Program ini merupakan
bagian dari PNPM Mandiri Perdesaan, program pembangunan berbasis pemberdayaan
masyarakat (Community Driven Development,CDD) terbesar di Indonesia. PNPM
RESPEK telah menjangkau 87 persen kampung (4000 kampung) di Papua dan Papua
Barat. Dalam program yang dimulai tahun 2008 ini, dana otsus sebesar Rp 100
juta diberikan langsung ke tingkat kampung melalui fasilitasi
pendamping/fasilitator distrik dan kampung (PD danPK). Dana ini dapat digunakan
untuk 5 prioritas program, termasuk salah satunya infrastuktur pedesaan. Dari 5
prioritas program tersebut,70 persen dana digunakan untuk infrastruktur pedesaan.
Studi ini dilakukan dengan memperhatikan masukan dari studi-studi lain tentang
Papua dan Papua Barat, termasuk di antaranya sebuah studi cepat yang dilakukan
sebagai bagian dari inisiatif Gubernur Propinsi Papua dengan Bank Dunia dan PBB
untuk melakukan Kajian Kebutuhan Percepatan Pembangunan Papua (Papua
Accelerated Development Needs Assessment รข€“ PADNA) yang memberikan indikasi
potensi pelaksanaan PNPM RESPEK (terutama kualitas infrastruktur) sekaligus
tantangan-tantangan yang dihadapi terkait kekhususan konteks di Papua dan Papua
Barat.
2.
Program
CPKP
Sebagai
perwujudan affirmasi bagi Papua, PT Bank Mandiri(Persero) Tbk Regional Office
XII Jayapura punya program khusus Calon Pimpinan Khusus Papua (CPKP). Program
ini bertujuan untuk memberikan kesempatan putra/putri asli Papua menjadi
pegawai pimpinan di Bank Mandiri.“Kami melihat banyak sumber daya Manusia (SDM)
Asli Papua yang memiliki potensi menjadi pegawai pimpinan. Bank Mandiri mengadakan
program tersebut untuk lebih mempersiapkan putra/putri asli Papua Bank Mandiri
masa depan,” kata Head Business Support PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Regional
Office XII Jayapura, Ibnu Dahlan, kepada Jubi, Kamis (10/9/2015).Ia
mencontohkan lulusan program CPKP angkatan pertama, salah satunya Robert
Fonataba, telah berhasil menjadi Kepala Cabang Bank Mandiri Merauke. Ada lagi
yang menjadi pimpinan Unit di Bank Mandiri di Sorong, Timika, Bintuni, dan
Kaimana.Untuk tahun ini, Dahlan menegaskan, Bank Mandiri akan kembali merekrut
putra/putri asli Papua untuk mengikuti ke program CPKP tahun 2015. Pihaknya
kembali tidak membatasi jumlah pendaftar yang ingin masuk dalam program CPKP
tersebut.“Kuotanya tidak terbatas. Kami tidak membatasi berapapun jumlahnya asal
memenuhi persyaratan yang kita tetapkan,” katanya.Selain CPKP, Dahlan
menambahkan, Bank Mandiri memberikan juga kesempatan kepada putra/putri asli
Papua yang ingin menjadi pegawai di Bank Mandiri untuk posisi Teller, Customer
Service, dan posisi lainnya.Regional Human Capital PT Bank Mandiri (Persero)
Tbk Regional Office XII Jayapura, Ruth Suzyrita Rawung,mengutarakan angkatan
pertama program CPKP dimulai tahun 2001, diikuti sembilan peserta.Seiring
perkembangannya, kriteria peserta ini diperluas lagi sehingga putra/putri asli
atau yang sejak lahirsampai dengan kuliah berdomisili di Papua dan Papua Barat,
memiliki kesempatan mengikuti progam ini.“Ini sudah tahun ketiga kami lakukan
perekrutan calon pimpinan khusus Papua,”.
BAB II
JASA-JASA YANG DI TAWARKAN OLEH BANK
BRI
1. ATM BRI
Manfaatkan
layanan ATM BRI sebagai One Stop Services setiap saat dengan mendatangi gerai
ATM BRI, 24 jam sehari 7 hari seminggu, dan 365 hari dalam setahun.
Selain
dapat digunakan oleh nasabah pemilik rekening BRI yang memiliki kartu ATM. ATM
BRI juga dapat melayani kartu ATM bank lain yang berlogo Link, Prima, ATM Bersama,
Bankcard, dan Mastercard.
Fasilitas
- Registrasi E-banking
- Info saldo.
- Penarikan Tunai maksimal dalam 1 hari
- Pemegang BRI Card Classic : Rp 5 Juta
- Pemegang BRI Card Gold : Rp 10 Juta
- Pemegang Card Platinum : Rp 10 Juta
- Ganti PIN
- Transfer Antar Rekening
- Antar rekening BRI dengan maksimal transaksi dalam 1
hari.
- Antar Rekening BRI.
- Kartu Classic : Rp.20.000.000
- Kartu Gold : Rp.50.000.000
- Kartu Platinum : Rp.75.000.000
2. Antar rekening
bank anggota ATM Bersama.
·
Untuk seluruh jenis BRI Card (Classic, Gold
dan Platinum) maksimal transaksi dalam 1 hari Rp.10.000.000,- (sepuluh juta
rupiah) dengan sekali transaksi Rp.5.000.000,-(lima juta rupiah).
·
Frekuensi transaksi dalam satu hari tidak
dibatasi selama limit transaksi tidak melampaui.
3. Antar rekening
di Jaringan ATM PRIMA.
·
Untuk seluruh jenis BRI Card (Classic, Gold
dan Platinum) maksimal transaksi dalam 1 hari Rp.10.000.000,- (sepuluh juta
rupiah).
·
Frekuensi transaksi dalam satu hari tidak
dibatasi selama limit transaksi tidak melampaui.
- Pembayaran Tagihan
- Kartu Kredit BRI
- Kartu Kredit dan KTA RBS
- Kartu Kredit dan Personal Loan HSBC
- Kartu Kredit ANZ
- Kartu Kredit dan KTA SCB
- Personal Loan
- Ready Cash dan Eazy Pay Citibank
- Citifinansial
- FIF, BAF, SOF
- Finansia, Verena
- PLN
- Telkom
- Kartu Halo
- Matrix
- Flexi
- Speedy
- Indovision/Top TV/Oke Vision.
- Pembayaran Universitas
- SPP Unpad (Universitas Padjajaran)
- SPP Unej (Universitas Jember)
- SPP UM (Universitas Malang)
- SPP dan Pembelian Paket UT
- Pembayaran SIM dan STNK
- Pembayaran Zakat dan Infaq
- Pembayaran Tiket Pesawat dan Kereta Api
- Garuda
- Sriwijaya Air
- Lion
- Pembelian Pulsa
- Simpati
- AS
- IM3
- Mentari,
- XL
- StarOne
- Flexi
- Esia
- Mobile8
- Smart
- Fren
- Axis
2. SMS Banking BRI
Layanan perbankan kini
hadir didalam handphone kita, dengan mengirimkan pesan transaksi yang kita
inginkan berupa SMS ke 3300 atau dengan menu melalui aplikasi. Maka transaksi
dapat di lakukan dalam genggaman tangan.
Keunggulan
Apapun jenis dan tipe
handphone kita dan dengan provider kepercayaan kita,sms banking BRI akan
melayani kebutuhan transaksi perbankan yang kita lakukan. BRI memberikan 2
jenis layanan.
- Berbasis menu, yaitu layanan SMS Banking yang
menggunakan menu sebagai perintah transaksinya.
- Plain text, yaitu layanan SMS Banking dengan mengirimkan perintah
transaksi yang akan dilakukan ke nomor 3300.
Any time, any
where, any device layanan sms banking BRI dapat kita nikmati.
Fasilitas
- Sms info
- Informasi Saldo
- PLN
- Telkom
- Kartu Halo
- Matrix
- Rek Tujuan Transfer bank lain
- Ganti PIN
- Bantuan/ Help
- Sms transfer
- Transfer Antar Rekening BRI
- Transfer Antar Bank.
- Sms prepaid
- Pembelian Pulsa Isi Ulang (Simpati/AS, Mentari, XL,
IM3 SMART, Axis).
- Sms payment
- Pembayaran Tagihan Kartu Kredit BRI
- Pembayaran DPLK
- Pembayaran Zakat YBM BRI
- Pembayaran Infaq YBM BRI
- Pembayaran Tagihan Citibank
- Pembayaran Tagihan SCB
- Pembayaran Tagihan HSBC
- Pembayaran Tagihan RBS
- Pembayaran Tagihan ANZ
- Pembayaran Zakat Dompet Dhuafa (DD)
- Pembayaran Infaq Dompet Dhuafa (DD)
- Pembayaran Tagihan Lainnya
- Pembayaran Tagihan PLN
- Pembayaran Tagihan Telkom
- Pembayaran Tagihan Kartu Halo
- Pembayaran Tagihan Matrix
1.
REGISTRASI DI ATM
Melakukan registrasi awal untuk dapat bertransaksi secara
non financial melalui atm BRI dengan memilih Menu "Transaksi Lain"
kemudian melakukan "Registrasi" dengan mendaftarkan nomor HP kita.
2.
REGISTRASI DI UNIT
KERJA
Registrasi
SMS Banking di Unit Kerja BRI (Kanca, KCP,KK dan Unit) ditujukan untuk
transaksi yang bersifat financial seperti Transfer antar rekening, Pembelian
Pulsa, dll. Dengan cukup mengisikan formulir aplikasi permohonan Registrasi SMS
Banking dengan melampiri foto copy KTP yang masih berlaku dan foto copy kartu
ATM BRI.
3.Internet Banking BRI
Dengan Internet Banking
BRI, Kita dapat berinteraksi dengan BRI selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu,
365 hari setahun, di manapun Kita berada.
Keunggulan
·
MUDAH.
Cukup
melakukan registrasi Internet Banking BRI di ATM BRI dan registrasi mTOKEN di
Customer Service Kanca/KCP BRI maka kita dapat langsung bertansaksi dengan
mengakses alamat https://ib.bri.co.id
- USER FRIENDLY.
Desain
mudah dimengerti dan digunakan, sehingga kita tidak perlu membaca buku manual
untuk menggunakan menu-menu dasar yang ada.
- DAPAT DILAKUKAN SETIAP SAAT
Penggunaan
internet banking dimaksudkan untuk memudahkan kita melakukan transaksi
perbankan pada berbagai situasi dan keadaan.
·
KEAMANAN YANG BERLAPIS.
- Menggunakan teknologi
kriptografi seperti penggunaan enkripsi dengan menggunakan SSL (Secure
Socket Layer) yang akan mengacak dan menyandikan data transaksi.
- Dilengkapi dengan mTOKEN
sebagai kode pengaman tambahan yang diberikan kepada pengguna Internet Banking
untuk dapat melakukan transaksi financial. mTOKEN dikirim melalui SMS setelah
pengguna melakukan permintaan mTOKEN.
- TIDAK MEMERLUKAN PERANGKAT TAMBAHAN.
Karena
mTOKEN akan dikirimkan via sms ke nomor handphone kita maka tidak diperlukan
perangkat tambahan yang harus kita bawa.
mTOKEN
Token yang digunakan berupa
mobile Token (mTOKEN) dimana kode pengaman tambahan akan dikirim melalui SMS
setelah pengguna melakukan permintaan mTOKEN. Menu permintaan mTOKEN terdapat
pada website IB BRI yang diakses melalui https://ib.bri.co.id
§ 1
(satu) mTOKEN hanya bisa digunakan untuk 1 kali transaksi finansial. mTOKEN hanya
dikirimkan ke Nomor HP kita yang telah diregistrasikan melalui Unit Kerja BRI setelah
ada permintaan dari kita melalui layar Internet Banking.
§ Setiap
kali request mTOKEN, kita akan mendapatkan 5 (lima) nomor kombinasi yang
dikirim melalui SMS dari nomor khusus.
§ Ke-5
mTOKEN tersebut dapat digunakan untuk melakukan 5 kali transaksi dalam 12 Jam.
Lewat dari waktu 12 Jam, ke 5 (lima) atau sebagian sisa mobile token yang telah
digunakan tersebut akan expired.
Fasilitas
- Informasi Rekening
- Informasi Saldo
- Mutasi Rekening
- Transfer Dana
- Transfer
- Transfer Antar Rek BRI
- Transfer ke Bank lain.
- Transaksi Terjadwal
- Tambah Transfer
- Lihat Status
- Daftar Transfer
- Pembayaran dan Pembelian
- Pembayaran Tagihan
- KK Bank BRI
- KK Bank Lain : Citibank, RBS, ANZ, SCB, HSBC
- Telepon/Selular : Telkom, Kartu Halo, Flexi, Matrix
- Listrik
- KTA Bank Lain : Citibank, RBS, SCB, HSBC
- Internet : Speedy, Flash
- Pembayaran Multifinance :FIF, BAF, Financia, OTO,
Verena, WOM
- Pembayaran terpadu (pembayaran untuk beberapa
transaksi sekaligus dalam satu kali eksekusi)
- Pembelian
- Isi Ulang Pulsa: IM3, Mentari, Simpati, Kartu As, XL,
SMART, AXIS, 3
- Deposit e-Money
- Transaksi terjadwal
- Tambah Pembayaran Tagihan
- Lihat Status
- Daftar Pembayaran
- Daftar Pembayaran Pelayanan Nasabah
- Pesan
- Pesan Masuk
- Pesan yang telah terkirim
- Buat Pesan Baru
- Administrasi
- Ubah Password
- Ubah Alamat email
- Catatan aktivitas
- Daftar rekening tujuan
- Transfer dana
- Pembayaran tagihan
- mTOKEN : Permintaan mTOKEN
4.E-Buzz
Layanan perbankan di atas
kendaraan yang telah didesain sedemikian rupa, sehingga layanan ini menyerupai
Kantor Kecil (Mini Mobile Branch) yang dapat bergerak dan
berpindah-pindah.
Keunggulan
Memberikan kemudahan bagi
kita melakukan transaksi perbankan tanpa harus datang ke unit kerja BRI, karena
terdapat petugas-petugas BRI yang terdiri dari CSO, Teller dan
Security yang siap membantu nasabah.
Fasilitas
- Pembukaan tabungan.
- Registrasi e-banking.
- ATM, maka kita dapat melakukan penarikan tunai,
pembayaran-pembayaran, pembelian, transfer dan transaksi non tunai
lainnya.
- MiniATM, maka kita dapat melakukan transaksi non tunai,
penggantian kartu, issuing PIN, Change PIN dll.
- Informasi Produk BRI.
5.
KIOSK BRI
Sarana bagi nasabah untuk melakukan
transaksi yang bersifat non tunai dilengkapi pula dengan tampilan Informasi,
Simulasi, Promosi dan lainnya.
Keunggulan
- USER FRIENDLY
Dengan desain yang mudah dimengerti dan
digunakan, tampilan yang komunikatif yang dilengkapi dengan touch screen.
Dapat juga diakses bagi anda yang belum
menjadi nasabah BRI (terbatas pada simulasi, informasi dan promosi saja).
Fasilitas
- Transfer
Antar Rekening BRI
- Info Saldo
- Pembayaran
- KK Bank BRI
- KK Bank Lain
: SCB, ANZ, RBS, HSBC, Citibank
- Tagihan PLN
JAwa, Sumbar, Bali
- Telepon/Selular
: Telkom, Flexi, Kartu Halo, Matrix
- KTA Bank
Lain : SCB, RBS, Citibank, HSBC
- Top Up Kartu
BRIZZI dan Kartu Blitz
- Transfer
saldo kartu Blitz ke online
- Registrasi
SMS Banking
- Ganti PIN
- Cetak mutasi
5 transaksi terakhir
- Simulasi
- Simulasi
Deposito
- Simulasi
Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)
- Simulasi
Kredit Kepemilikan Rumah (KPR)
- Informasi
- Promosi.
6.
Mini ATM BRI
Untuk melayani transaksi perbankan non
tunai dan self service, sebagaimana halnya fitur-fitur yang tersedia di ATM,
seperti transaksi informasi saldo, informasi mutasi, transfer maupun transaksi
pembayaran tanpa uang tunai.
Keunggulan
- Jaringan yang
luas memberikan kemudahan mengakses mini ATM.
- Dapat diakses
oleh pemegang kartu ATM bank lain yang tergabung dalam jaringan ATM Link,
Bersama, dan Prima
Fasilitas
- Informasi Saldo
- Transfer Antar
Rekening BRI
- Pembayaran Tagihan
- PLN Jawa
- Telkom,
Flexi, Halo dan Matrix
- Kartu Kredit
BRI
- SPP UT
- Pembayaran SIM dan
BPKB, Klinik Pengemudi
- Debit Kartu BRI (Purchase)
- Aktivasi Kartu
- Pembelian
- Pulsa
Simpati, Mentari, IM3, XL
- Paket UT
- Registrasi E-Banking
- Penggantian PIN
- Penyetoran Pinjaman
dan Simpanan Kupedes
- Tarik Tunai Simpanan
- Aplikasi PUSRI
- Top Up dan
Payment BRIZZI
7. BRIZZI
Uang elektronik BRI, sarana
pembayaran di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan BRI. Transaksi
dilakukan berdasarkan teknologi chip dengan saldo maksimal Rp
1.000.000,-.
Keuntungan
- Dapat dimiliki oleh siapapun (tanpa harus memiliki rekening
BRI).
- Nilai uang di dalam kartu dapat diisi ulang/Top Up (via
EDC maupun ATM)
- Isi ulang Brizzi dapat melalui rekening BRI maupun Bank
lain.
- Dapat digunakan di merchant yang sudah bekerjasama
dengan BRI.
- Mengakomodasi pembayaran transaksi mulai dari
Rp 1,- sampai dengan Rp 1.000.000,-
- Transaksi dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, tidak
melakukan pembayaran dengan menggunakan uang tunai dan tidak direpotkan
dengan uang recehan.
- Nikmati promo-promo Brizzi yang bervariatif.
8. MoCash
Dengan Mobile Cash
BRI, Kita dapat melakukan pembayaran dalam transaksi belanja kita di merchant
dengan menggunakan telepon seluler.
Keuntungan
- Meminimalkan transaksi dengan uang tunai.
- Tidak perlu membawa perangkat tambahan karena sudah ada
dalam handphone pribadi .
- Memfasilitasi pembayaran langsung pada transaksi
Delivery Order.
- Apapapun tipe dan jenis handphone, anda dapat menikmati
layanan mobile cash kami.
Pembayaran
- Transaksi dapat dilakukan dengan tahapan :
- Masuk menu smsPurchase
- Menu mobile debet
- Masukkan Store ID, Jumlah Pembayaran dan PIN
- Kirim
- Ketik sms : BAYAR MD dan kirim ke 9123.
- Nasabah dan kasir akan menerima sms notifikasi sebagai
bukti pembayaran.
9. EDC Merchant
EDC Merchant adalah Mesin gesek kartu yang
dapat digunakan untuk menerima transaksi pembayaran (purchase) dengan
kartu kredit, kartu debit dan kartu prepaid yang diletakkan di merchants.
Setiap pemasangan EDC di Merchant, maka
Merchant akan dikenakan MDR (Merchant Discount Rate) yaitu fee
yang dibebankan oleh Acquiring Bank (pemilik EDC) kepada Merchant
(pemili usaha) atas setiap transaksi melalui mesin EDC.
Untuk menampung dana hasil transaksi Merchant
di EDC BRI, maka Merchant diwajibkan untuk membuka/memiliki rekening Giro atau
tabungan.
Manfaat
·
Menambah jumlah transaksi merchant,
karena merchant dapat melayani transaksi dengan menggunakan kartu
(menjaring customer yang tidak membawa uang tunai)
·
Menambah daya saing merchant dengan merchant
yang ada disekitarnya. Karena dapat melayani transaksi tunai dan transaksi
dengan menggunakan kartu.
·
Meningkatkan volume penjualan merchant karena
dapat menjaring customer yang tidak membawa uang cash/tunai.
·
Sirkulasi Keuangan Merchant akan meningkat
hal ini disebabkan karena Merchant dapat melayani transaksi tunai dan transaksi
dengan menggunakan kartu.
·
Biaya penanganan uang tunai turun karena
transaksi pembayaran Merchant langsung masuk ke no rekening Merchant (cashless
payment).
Biaya
yang Akan Ditanggung oleh Merchants
·
MDR (Merchant Discount Rate) yang
telah disepakati.
·
Biaya kehilangan dan kerusakan yang
diakibatkan oleh merchant.
Fitur
dan Fasilitas EDC Merchants
1.
Menerima transaksi semua jenis kartu
·
Kartu Kredit BRI (Master dan Visa)
·
Kartu Debit BRI (Master Card)
·
Kartu Debit Private Label BRI
(Simpedes dan Junio)
·
Kartu Brizzi
·
Kartu Kredit dan Debit Bank Lain (Mastercard
dan Visa)
2.
Pembayaran ke Merchant H+1
Termasuk Hari Libur
·
Pembayaran ke merchant dilakukan H+1
setelah proses settlement dilakukan oleh pihak merchant termasuk hari libur
(settlement hari sabtu pembayaran akan dilakukan pada hari minggu)
·
Cut off time untuk
upload data umumnya dilakukan sekitar jam 11 malam. Oleh karena
itu jika settlement dilakukan setelah jam 11 malam, maka pembayaran akan
ditambah 1 hari lagi karena mengikuti jadwal upload data berikutnya.
Misalnya: settlement hari Senin jam 11.30 malam, upload data mengikuti
hari Selasa malam, sehingga pembayaran baru dilakukan pada hari Rabu.
10. BRILink
BRILink merupakan perluasan layanan
BRI dimana BRI menjalin kerjasama dengan nasabah BRI sebagai Agen yang dapat
melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara real time online
menggunakan fitur EDC miniATM BRI dengan konsep sharing fee.
Produk dan Layanan Agen BRILink sebagai berikut:
- Laku Pandai
menurut POJK No.19/POJK.3/2014 adalah kegiatan menyediakan layanan
perbankan dan/atau layanan keuangan lainnya yang dilakukan tidak melalui
jaringan kantor, namun melalui kerjasama dengan pihak lain dan perlu
didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi. Layanan Laku
Pandai tersedia di agen BRILink untuk unbanked/unserved people
dalam rangka keuangan inklusif.
- T-Bank
mendukung Layanan Keuangan Digital (LKD) sesuai PBI No.16/8/PBI/2014 dan
SE BI No.16/12/DPAU mengenai Penyelenggaraan Layanan Keuangan Digital
Dalam Rangka Keuangan Inklusif Melalui Agen Layanan Keuangan Digital
Individu. T-Bank adalah produk uang elektronik berbasis server
milik BRI yang menggunakan nomor handphone yang didaftarkan
sebagai nomor rekening. Layanan T-Bank tersedia di Agen BRILink agar dapat
dimanfaatkan bagi masyarakat sebagai “rekening” tabungannya dan diperoleh
dengan kemudahan registrasi tanpa harus ke datang ke unit kerja.
- MiniATM BRI
adalah Electronic Data Capture (EDC) yang digunakan untuk
melakukan transaksi keuangan non tunai sebagaimana halnya transaksi
keuangan non tunai yang disediakan ATM.
1.FITUR DAN FASILITAS
TBANK
- Cash In
- Cash Out
- Report
TUNAI
- Setoran
Pinjaman
- Setoran
Simpanan
- Tarik Tunai
MINI ATM
- Registrasi
- Mobile Banking
- Internet Banking
- Informasi
- Saldo
Rekening
- Mini Statement
- Mutasi
Rekening
- Transfer
- Sesama BRI
- Antar Bank
- Kode Bank
- Pembayaran
- Telkom
- Pasca Bayar:
Halo, Matrix
- PLN: PLN
Prabayar, PLN Pasca Bayar, Cetak Token
- Telepon
Rumah
- Kartu
Kredit: BRI, Citibank, HSBC, Standard Chartered, ANZ
- Cicilan:
FIF, BAF, OTO, WOM, Finansia/ K. Plus, Verena
- Zakat:
Dompet Dhuafa, YMB
- Infaq:
Dompet Duafa, YMB
- DPLK BRI
- Tiket
Pesawat: Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air
- BRIVA
- Pendidikan
- Isi Ulang
Pulsa:
- Simpati –
Kartu As
- Mentari
- IM3
- XL
- Three
- Axis
- Esia
- Smart
- Fren
- Setor-Pasti
FASILITAS
- Fasilitas T-Bank
·
Setor
uang pada nomor telepon seluler
·
Kirim
uang ke nomor telepon seluler lain
·
Tarik
tunai tanpa kartu di ATM BRI seluruh Indonesia
·
Tarik
tunai di Agen BRILink
·
Isi pulsa
seluler, isi ulang listrik prabayar dan membayar tagihan listrik*
·
Berbelanja
online pada website merchant e-Pay BRI
·
Berbelanja
pada merchant Mocash
Keuntungan :
·
Bebas
biaya administrasi tabungan, minimum saldo dan biaya penutupan rekening
·
Dapat
diberikan Kartu ATM
·
Bebas
biaya transfer sesama BRI
·
Dapat
melakukan penarikan maupun penyetoran tabungan di seluruh BRI Unit, Teras BRI,
dan Agen Brilink
- Rekomendasi/Referral Pinjaman Mikro – Kupedes Rakyat
·
Usaha
telah berjalan minimal 6 (enam) bulan.
·
Besar
plafond kredit yang diberikan maksimal Rp 25 juta (total eksposur).
·
Suku
bunga pinjaman sebesar 1,25% flate/bulan
(non-PBTW)
·
Tidak dipungut biaya provisi dan biaya administrasi.
·
Jangka
waktu kredit untuk Modal Kerja maksimal 3 Tahun dan untuk
Investasi maksimal 5 Tahun.
- Asuransi Mikro – AM-KKM *)
Fasilitas AM-KKM (Asuransi
Mikro – Kesehatan, Kecelakaan, dan Meninggal Dunia) dengan pembayaran
premi hanya 1 (satu) kali untuk jangka waktu 1 tahun.
2.MANFAAT BRILINK
- Agen
- Tambahan
sumber pendapatan
- Peningkatan image
karena di-branding dari BRI
- Menambah
segmen pelanggan dan potensi cross selling usaha
- Masyarakat
- Dekat dengan
domisili sehingga menghemat waktu dan biaya
- Bisa
bertransaksi tanpa harus dibatasi jam kantor atau hari libur
- Bisa
“NABUNG” dan “TARIK TUNAI” dengan nominal kecil
- Suasana
lebih kekeluargaan dan informal
KEUNGGULAN SEBAGAI AGEN BRILINK
·
Tanpa
modal alat
·
Bebas
biaya sewa bulanan alat *)
·
Dapat
melayani pembukaan rekening tabunganku Basic Saving Account (BSA),
T-bank, transfer sesama BRI dan antar bank serta fitur transaksi lainnya (bayar
listrik, telepon, cicilan, beli pulsa, dan lainnya)
·
Fee yang
diberikan kompetitif
3.KETENTUAN AGEN
Persyaratan untuk menjadi Agen
BRILink:
·
Perseorangan
/ Instansi non berbadan hukum
·
Memiliki
usaha min 2 tahun
·
Memiliki
rekening simpanan berkartu di BRI (menyetor uang jaminan sebesar Rp
3.000.000,-) dan saldo tersebut diblokir selama menjadi agen, atau;
·
Memiliki
rekening pinjaman di BRI (tanpa harus menyetor uang jaminan) dengan
kolektibilitas Lancar selama 6 bulan terakhir
·
Memiliki
surat keterangan usaha (sekurang-kurangnya dari perangkat desa)
·
Belum
menjadi agen dari Bank penyelenggara Laku Pandai
4.CALL CENTER
- Terkait dengan complain
handling dari Agen, FO/Mantri/AO dapat mengarahkan untuk menghubungi Call
Center BRI (021-500274).
- Terkait dengan complain
handling dari pelanggan, Agen dapat mengarahkan untuk menghubungi Call
Center BRI (14017).
- Terkait dengan complain
handling dari Unit Kerja, dapat menghubungi Helpdesk BRI
(021-500321).
BAB
III
JASA-JASA
YANG DI BERIKAN OLEH BANK MANDIRI
1. Mandiri
Sms Banking
Apapun SIM
Card Anda, nikmati pilihan cara bertransaksi
Ketik SMS atau Pilih MenuKini, transaksi perbankan semakin
mudah. Mandiri SMS adalah layanan perbankan yang dapat Anda gunakan untuk
bertransaksi perbankan melalui SMS di ponsel Anda. Transaksi Perbankan, Kapan Saja, Dimana saja berbagai keuntungan
yang kita dapatkan
Mudah dan
Fleksibel
Ketik SMS atau Pilih Menu Dengan
mengetikkan kode transaksi yang dibutuhkan, jawaban akan diterima dalam bentuk
SMS juga atau transaksi dapat dilakukan dengan SIM Microbrowser Mobile Banking
memilih menu pada ponsel *).
Lebih
Efisien
Biaya transaksi sebesar biaya SMS +
Rp500. Untuk notifikasi SMS sebesar Rp500.
Memakai
semua jenis SIM Card
Apapun jenis SIM Card yang kita miliki, transaksi perbankan
dapat di lakukan.
Transaksi dengan memilih menu ini dapat dinikmati oleh pengguna navigator Telkomsel. Life In Hand XL, Matrix dan Mentari Indosat
Transaksi dengan memilih menu ini dapat dinikmati oleh pengguna navigator Telkomsel. Life In Hand XL, Matrix dan Mentari Indosat
Jenis Transaksi
- Transfer dana
- Transfer
antar rekening Bank Mandiri
- Transfer
antar Bank
- Cek Saldo
- Saldo
rekening tabungan , rekening valas dan pinjaman.
- Informasi
- Informasi
tagihan Mandiri Visa
- 5
transaksi terakhir rekening
- Suku
bunga Deposito, suku bunga Tabungan dan kurs valuta asing
- Pembayaran dan pembelian
- Pembayaran
tagihan Mandiri VISA, Telkom, Telkom Flexi, KartuHALO, Matrix, Xplor,
Fren, Esia, StarONE, Garuda, Air Efata, Air Asia, Adam Air, Merpati Air,
Riau Air, Travel Agent , PLN, PBB, Kompas, XL Kita, IndosatNET, CBN
Internet, Kabel Vision, Indo Vision, Multiartha, AXA Mandiri, Bina Sarana
Informatika, Perbanas Jakarta, Amikom Yogya
- Pembelian
voucher isi ulang simPATI, IM3 Smart, Mentari , XL bebas, Flexi Trendy,
Fren dan Esia dan StarONE
- Notifikasi SMS
- Pendebitan/pengkreditan
di atas nilai tertentu
- Penolakan
cek/bilyet giro
- Jatuh
tempo rekening Deposito
- Saldo
rekening di bawah nilai tertentu.
- Perubahan PIN
- Perubahan
PIN
1. Fitur dan Menu Layanan Mandiri ATM
Mandiri ATM Siap
Melayani Nasabah di Seluruh Pelosok Negeri
Mandiri
ATM, Semakin dekat
Nasabah dapat
melakukan aktivitas perbankan melalui lebih dari 10.360 Mandiri ATM yang
tersebar di lokasi-lokasi yang strategis di seluruh propinsi di Indonesia.
Mandiri
ATM, Semakin mudah
Berbagai jenis transaksi
dapat dilakukan di Mandiri ATM, mulai dari pembayaran tagihan, isi ulang pulsa,
pembelian tiket, inquiry, transfer antar rekening, transfer antar bank online,
cetak 5 transaksi terakhir, isi ulang mandiri prabayar, dll.
Mandiri
ATM, 24x7
Layanan Mandiri
ATM dapat dimanfaatkan setiap saat, 24 jam sehari 7 hari seminggu
Mandiri
ATM, Multi akses
Selain
menggunakan Kartu Mandiri Debit, Mandiri ATM juga melayani transaksi
menggunakan Kartu Bank Syariah Mandiri, Kartu berlogo LINK, ATM
Bersama, Prima, Visa/Plus dan MasterCard/ Cirrus.
Mandiri
ATM, didukung layanan Call Mandiri 14000
Untuk informasi
lengkap atau apabila terdapat permasalahan dalam penggunaan Mandiri ATM,
nasabah dapat menghubungi layanan Mandiri Call 14000
Fitur/Layanan Mandiri ATM
ATM Tunai
- Tarik
Tunai, Informasi Saldo dan Transfer
Penarikan
Tunai, Informasi Saldo, Cetak 5 Transaksi Terakhir, Transfer Antar Rekening
Mandiri dan Transfer Antar Bank
- Pembayaran
/ Payment
Kartu
Kredit Mandiri dan Bank Lain, Listrik dan Gas, TV Kabel/Internet, Pendidikan,
PAM, Pajak, Angsuran, Pinjaman Bank, Asuransi, Tiket Pesawat dan Kereta Api,
Zakat
- Pembayaran
Tagihan Telepon/Handphone
Telkom/Flexy/Vision,
Kartu Halo, Matrix, IM3 Bright, Xplor, FREN/Hepi/Mobi, Esia, 3 Postpaid, Smart
Telecom, dan Starone.
- Isi
Ulang Pulsa Handphone
Simpati,
Mentari, IM3, FREN/Hepi/Mobi, Esia, Flexi Trendy, XL/bebas , 3 Prabayar, Smart
Telecom, Axis, Starone Prabayar, dan Kartu AS.
- Penggantian
PIN, Registrasi dan Cetak Bukti Transaksi
Penggantian
PIN Kartu Mandiri Debit, Registrasi Mandiri SMS, Mandiri Internet Banking,
Mandiri Call, dan Cetak Bukti Transaksi SMS Banking.
- Kartu
Mandiri Prabayar
Informasi
Saldo, Top Up Mandiri Prabayar, Histori Transaksi, dan Update Saldo
ATM Non Tunai dengan
fitur favoritku
- Favoritku
Dapat
menyimpan data transaksi rutin Anda seperti transfer, pembayaran dan isi ulang
handphone.
- Informasi
Saldo dan Transfer
Penarikan
Tunai, Informasi Saldo, Cetak 5 Transaksi Terakhir, Transfer Antar Rekening
Mandiri dan Transfer Antar Bank
- Pembayaran
/ Payment
Kartu
Kredit Mandiri dan Bank Lain, Listrik dan Gas, TV Kabel/Internet, Pendidikan,
PAM, Pajak, Angsuran, Pinjaman Bank, Asuransi, Tiket Pesawat dan Kereta Api,
Zakat
- Pembayaran
Tagihan Telepon/Handphone
Telkom/Flexy/Vision,
Kartu Halo, Matrix, IM3 Bright, Xplor, FREN/Hepi/Mobi, Esia, 3 Postpaid, Smart
Telecom, dan Starone.
- Isi
Ulang Pulsa Handphone
Simpati,
Mentari, IM3, FREN/Hepi/Mobi, Esia, Flexi Trendy, XL/bebas , 3 Prabayar, Smart
Telecom, Axis, Starone Prabayar, dan Kartu AS.
- Penggantian
PIN, Registrasi dan Cetak Bukti Transaksi
Penggantian
PIN Kartu Mandiri Debit, Registrasi Mandiri SMS, Mandiri Internet Banking,
Mandiri Call, dan Cetak Bukti Transaksi SMS Banking.
- Kartu
Mandiri Prabayar
Informasi
Saldo, Top Up Mandiri Prabayar, Histori Transaksi, dan Update Saldo
ATM Setor Tunai (CDM)
- Setor
Tunai
Dapat
melakukan setoran uang tunai (pecahan Rp 50.000 dan Rp. 100.000)
- Informasi
Saldo dan Transfer
Informasi
Saldo, Cetak 5 Transaksi Terakhir dan Transfer Antar Rekening Mandiri.
FAQ Mandiri ATM
Mandiri ATM dapat digunakan oleh
:
- Seluruh Kartu Mandiri Debit untuk semua layanan
transaksi
- Kartu Kredit Mandiri Visa dan Master untuk tarik
tunai dan inquiry tagihan
- Kartu Bank Syariah Mandiri (BSM) untuk tarik
tunai, informasi saldo, ganti PIN, transfer antar rekening BSM, transfer
dari BSM ke Mandiri dan Bayar Zakat
- Kartu dengan logo LINK untuk tarik tunai,
informasi saldo dan Transfer Antar Bank jaringan LINK
- Kartu dengan logo ATM Bersama untuk tarik tunai,
informasi saldo dan Transfer Antar Bank jaringan ATM Bersama dan Isi Ulang
Mandiri Prabayar
- Kartu dengan logo Prima untuk tarik tunai, informasi
saldo dan Transfer Antar Bank jaringan Prima
- Kartu dengan logo Visa/Plus untuk tarik tunai dan
informasi saldo
- Kartu dengan logo MasterCard/Cirrus untuk tarik
tunai dan informasi saldo
Fitur/layanan Mandiri ATM saat ini
Saat ini di
ATM Mandiri sudah tersedia lebih dari 100 fitur/layanan, yang pada intinya
terdiri dari: (Fitur lengkap lihat di Fitur ATM Mandiri) :
- Penarikan Tunai
- Informasi Rekening Tabungan, Valas, Pinjaman
- Transfer Antar Rekening Bank Mandiri dan Antar
Bank
- Pembayaran Tagihan Rutin (Listrik/Gas, Telpon/HP,
Kartu Kredit , PAM, Pendidikan, Pajak, Asuransi, Angsuran dan Pinjaman
Bank, TV Kabel/Internet, Tiket Pesawat, Zakat, dll)
- Pembelian Voucher Handphone (Mentari, Simpati,
XL, IM3 Smart, Flexy, Esia, Fren, 3)
- Mini Statement / Cetak 5 Transaksi Terakhir
- Registrasi eBanking : Mandiri SMS, Mandiri
Internet, Mandiri Call
- Cetak Bukti Transaksi Mandiri SMS
- Kartu Mandiri Prabayar : Top Up, Informasi Saldo,
Histori Transaksi dan Update Saldo
Layanan
24 Jam Bank Mandiri
Layanan 24 Jam
adalah saluran distribusi elektronik Bank Mandiri yang terdiri dari Mandiri
ATM, Mandiri SMS, Mandiri internet, Mandiri Call, Mandiri Mobile dan Mandiri
Internet Bisnis.
Fitur & Menu
Layanan
Mandiri Call,
layanan perbankan otomatis 24 Jam melalui telepon atau ponsel yang membuat kita
semakin dekat dengan rekening kita dan memudahkan kita mengatur keuangan lebih
leluasa tanpa batasan waktu dan tempat. Melakukan transaksi perbankan semudah
menekan tombol telepon
Dengan Mandiri Call nasabah dapat
melakukan :
- Transfer antar rekening Bank Mandiri
- Pembayaran tagihan :
- Listrik (PLN),
- PAM
- Telepon/Handphone
- Kartu Kredit
- Tiket Pesawat/Kereta Api,
- Iklan,
- Internet,
- Televisi berlangganan,
- PBB,
- Pendidikan,
- Asuransi
- Pembelian isi ulang pulsa
- Pembukaan deposito rupiah
- Informasi saldo rekening dan 10 transaksi
terkahir
- Informasi (suku bunga, kurs, rekening pinjaman),
aplikasi pinjaman dan produk
Produk dan layanan
perbankan Bank Mandiri
Layanan Faksimili
Fasilitas Tekan Cepat
Fasilitas Tekan
cepat kami siapkan bagi kita yang sudah terbiasa menggunakan Mandiri Call dan
ingin melakukan transaksi secara cepat. Silahkan melakukan intervensi langsung
dengan menekan angka berturut-turut, pada sata mesin penjawab mengucapkan
salam.
Transaksi
|
Fasilitas
Layanan Kilat IVR
|
Menghubungi
staf Mandiri Call Perbankan
|
14000 --> 1 --> 0 --> 1
|
Menghubungi
staf Mandiri Kartu Kredit
|
14000
--> 1 --> 0 --> 2
|
Info
Saldo
|
Masukkan
nomor kartu --> masukkan PIN --> info saldo
|
Transfer
|
Masukkan
nomor kartu --> masukkan PIN --> info saldo --> 2 --> 1
|
Bayar
PLN
|
Masukkan
nomor kartu --> masukkan PIN --> info saldo --> 3 --> 3
|
Bayar
TELKOM, HP
|
Masukkan
nomor kartu --> masukkan PIN --> info saldo --> 3 --> 1 --> 2
|
Bayar
Kartu Kredit
|
Masukkan
nomor kartu --> masukkan PIN --> info saldo --> 3 --> 2
|
Isi
Ulang HP
|
Masukkan
nomor kartu --> masukkan PIN --> info saldo --> 3 --> 2
|
Jangan gunakan semua Pemberi Pinjaman Uang Pribadi ini. Mereka berada di, Ghana Turki, Prancis dan Israel.
BalasHapusNama saya adalah Mrs.Amisha, saya berasal dari Filipina. Apakah Anda mencari pinjaman?
Apakah Anda memerlukan pinjaman pribadi atau bisnis yang mendesak?
Hubungi Persetujuan Pinjaman Cepat yang Sahir dia membantu saya dengan pinjaman sebesar $75000 beberapa hari yang lalu setelah mendapat scammed $12000 dari seorang wanita yang mengaku sebagai pemberi pinjaman dari france tapi saya bersyukur kepada Tuhan hari ini bahwa saya mendapatkan pinjaman saya senilai $75000.Feel bebas untuk menghubungi perusahaan tersebut untuk mendapatkan uang asli. Email: (Suzaninvestment@gmail.com
KABAR BAIK!!!
BalasHapusNama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.
Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.
Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
BalasHapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut